Rabu, 24 November 2010

KISI-KISI APSI


1.      Analisis sistem adalah mendefinisikan kebutuhan terkait sistem yang akan dikembangkan. Desain atau perancangan dalam pembangunan perangkat lunak merupakan upaya untuk  mengkonstruksi sebuah sistem yang memberikan kepuasan (mungkin informal) akan spesifikasi kebutuhan fungsional, memenuhi target, memenuhi kebutuhan secara implisit atau eksplisit dari segi performansi maupun penggunaan sumber daya, kepuasan batasan pada proses desain dari segi biaya, waktu, dan perangkat.

2.     Pendekatan berorientasi objek merupakan suatu teknik atau cara pendekatan dalam melihat permasalahan dan sistem (sistem perangkat lunak, sistem informasi, atau sistem lainnya.  Memandang sistem yang akan dikembangkan sebagai suatu kumpulan objek yang berkorespondensi  dengan objek-objek dunia nyata, sedangkan pendekatan Teknik terstruktur, merupakan pendekatan formal untuk memecahkan masalah-masalah dalam aktivitas bisnis menjadi bagian-bagian kecil yang dapat diatur  dan berhubungan untuk kemudian dapat disatukan kembali menjadi satu kesatuan yang dapat dipergunakan untuk memecahkan masalah.

3.     System initiation       : perencanaan awal untuk sebuah proyek guna
mendefinisikan lingkup, tujuan, jadwal dan anggaran
bisnis awal yang diperlukan untuk memecahkan
masalah atau kesempatan yang direpresentasikan oleh  
proyek.
      System analysis       : studi domain masalah bisnis untuk merekomendasikan
                              perbaikan dan menspesifikasikan persyaratan dan
                              prioritas bisnis untuk solusi.
  System design                   : spesifikasi atau konstruksi solusi yang teknis dan
 berbasis komputer untuk persyaratan bisnis yang
 diidentifikasikan dalam analisis sistem.
      System implementation : konstruksi, instalasi, pengujian dan pengiriman
   sistem ke dalam produksi (artinya operasi
                                             sehari-hari).

4. Karakteristik pengambil keputusan dalam organisasi :
   >> executive (manajemen tingkat atas)
      prioritas utama executive adalah ROI (Return On Invesment)
   >> middle manager (manajemen tingkat menengah)
      prioritas utama middle manager biasanya adalah bagaimana meningkatkan produktivitas kerja
   >> functional user (pengguna aplikasi langsung)
      kebutuhan utama functional user adalah suatu aplikasi yang akan mempermudah pekerjaan mereka.

5. Terdapat macam-macam representasi metodologi pengembangan sistem, yaitu:
   - Architected Rapid
   - Application Development (Architected RAD)
   - Dynamic Systems Development Methodology (DSDM)
   - Joint Application Development (JAD)
   - Information Engineering (IE)
   - Rapid Application Development (RAD)
   - Rational Unified Process (RUP)
   - Structured Analysis and Design (SAD)
   - eXtreme Programming (XP)

6. Fokus pada pembuatan simulasi mengenai usaha yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan proyek. Pemodelan proyek menghasilkan sebuah WBS (Work Breakdown Structure)
- WBS digunakan untuk menentukan semua usaha yang dibutuhkan untuk  
  menyelesaikan proyek dengan sukses.
     - WBS adalah daftar semua pekerjaan yang harus dilakukan untuk
   menghasilkan produk yang diinginkan.
     Sebuah metode yang efektif dalam pembuatan WBS adalah membuat sebuah sesi diskusi yang melibatkan semua anggota tim dan memberikan kesempatan bagi mereka untuk memberikan ide-ide yang mereka miliki.  Setelah WBS selesai dibuat, tim menggambarkan keterhubungan antara setiap  tugas pekerjaan,  menentukan tugas apa yang harus sudah selesai sebelum tugas lain dilakukan.Keterhubungan antar pekerjaan ini nanti dibutuhkan dalam melakukan proses penjadwalan.

7. Kelas adalah kumpulan dari objek-objek dengan karakteristik yang sama.
Kelas merupakan definisi statik dan himpunan objek yang sama yang mungkin
lahir atau diciptakan dan kelas tersebut. Objek adalah abstraksi dan sesuatu
yang mewakili dunia nyata seperti benda, manusia, satuan organisasi, tempat,
kejadian, struktur, status, atau hal-hal lain yang bersifat abstrak.

8. Sistem informasi ialah interaksi antara data, manusia dan prosedur (yang didukung oleh hardware dan software) untuk memberikan suatu penyelesaian berupa informasi yang dapat dipakai untuk mengambil suatu tindakan keputusan selanjutnya baik untuk jangka pendek, menengah atau panjang dalam sebuah organisasi. Sedangkan teknik informasi adalah hasil rekayasa manusia terhadap proses penyampaian informasi dari pengirim  ke penerima sehingga lebih cepat, lebih luas sebarannya, dan lebih lama penyimpanannya

9.  Agregiasi adalah hubungan bagian dari atau bagian keseluruhan.
   
10. Use Case Diagram atau diagram use case merupakan pemodelan untuk menggambarkan kelakuan (behavior) sistem yang akan dibuat. Diagram use case mendeskripsikan sebuah interaksi antara satu atau lebih aktor dengan sistem yang akan dibuat,  Diagram use case digunakan untuk mengetahui fungsi apa saja yang ada di dalam sebuah sistem dan siapa saja yang berhak menggunakan fungsi-fungsi tersebut.
Contoh Use case diagram : 

7 komentar:

  1. sama-sama lena..
    semoga yg dipelajarin skrg pas ngerjain soal ga nge-blank, banyak bangett hafalanya.. huhuhuh.. :(

    BalasHapus
  2. tolong donk penjelasan lebih detail tentang use case diagram....

    BalasHapus
  3. ada skenario gak mbak dr usecase nyaa?? :)

    BalasHapus
  4. @rediansyah : wah kalo penjelasan lebih detail'y panjang banget jelasin'y..
    Intinya :
    Use Case Diagram atau diagram use case merupakan pemodelan untuk menggambarkan kelakuan (behavior) sistem yang akan dibuat.
    Diagram use case mendeskripsikan sebuah interaksi antara satu atau lebih aktor dengan sistem yang akan dibuat.

    Use case diagram juga terdapat beberapa komponen diantaranya :
    - aktor :mempresentasikan seseorang atau sesuatu (seperti perangkat, sistem lain) yang berinteraksi dengan sistem. Sebuah actor mungkin hanya memberikan informasi inputan pada sistem, hanya menerima informasi dari sistem atau keduanya menerima, dan memberi informasi pada sistem.
    - Use case : gambaran fungsionalitas dari suatu sistem. Use case memberitahukan kepada customer tentang apa saja yang dapat dilakukan oleh sistem. contohnya seperti gambar use case diagram diatas.

    Relasi dalam Use case :
    - Association, menghubungkan link antar element.
    - Generalization, disebut juga inheritance (pewarisan), sebuah elemen dapat merupakan spesialisasi dari elemen lainnya.
    - Dependency, sebuah element bergantung dalam beberapa cara ke element lainnya.
    - Aggregation, bentuk assosiation dimana sebuah elemen berisi elemen lainnya.

    Tipe relasi/ stereotype yang mungkin terjadi pada use case diagram:
    - include , yaitu kelakuan yang harus terpenuhi agar sebuah event dapat terjadi, dimana pada kondisi ini sebuah use case adalah bagian dari use case lainnya. Atau dengan kata laen, use case yang harus dilakukan sebelum melakukan use case yang di include.
    - extends, kelakuan yang hanya berjalan di bawah kondisi tertentu seperti menggerakkan alarm. Jadi sifatnya kondisional, mungkin dilakukan dan mungkin tidak.
    - communicates, mungkin ditambahkan untuk asosiasi yang menunjukkan asosiasinya adalah communicates association . Ini merupakan pilihan selama asosiasi hanya tipe relationship yang dibolehkan antara actor dan use case.

    Adapun Cara menentukan Use Case dalam suatu sistem :
    - Pola perilaku perangkat lunak aplikasi.
    - Gambaran tugas dari sebuah actor.
    - Sistem atau “benda” yang memberikan sesuatu - yang bernilai kepada actor.
    - Apa yang dikerjakan oleh suatu perangkat lunak (bukan bagaimana cara mengerjakannya).

    Maaf kalo jawabannya kurang memuaskan, saya jg masih belajar dan belum begitu paham bangeet.. hehe :)

    BalasHapus
  5. @trinnur : hhe maaf ga ada :) , sebenarnya itu cuma salah satu contoh gambar use case diagram aja.
    gambar use case diagram di atas seharusnya Actor tidak boleh ada komunikasi langsung antar actor.

    BalasHapus